Peristilahan yang Berkaitan dengan HTTP

Sebelumnya kita telah berkenalan dengan HTTP, yaitu suatu protokol yang mengatur transfer data antara client dengan server pada web. Jika belum pernah berkenalan dengan HTTP, alangkah baiknya artikel berikut ini : https://blogisnanto.blogspot.com/2023/01/berkenalan-dengan-http.html dibaca lebih dulu. Nah, kali ini kita akan membahas istilah-istilah yang berkaitan dengan HTTP.


Request-response

Request-response adalah metode operasi standar di dalam jaringan komputer yang memungkinkan komputer-komputer (bisa juga smartphone, tablet, laptop dan perangkat keras lain yang digunakan oleh pengguna) untuk saling berkomunikasi, di mana satu komputer mengirimkan request (permintaan) data dan komputer yang lain memberikan response (tanggapan) atas permintaan tersebut. Analoginya kurang lebih seperti percakapan telpon, dimana penelpon menghubungi pihak yang ditelpon (kita analogikan sebagai request) lalu pihak yang ditelpon mengangkat telpon (kita analogikan sebagai response). Jika pihak yang ditelpon tidak mengangkat telpon, maka percakapan kedua belah pihak tidak dapat berlangsung. Pola komunikasi antar komputer dengan metode request-response ini lazim digunakan dalam arsitektur client-server.


Client-server model

Client-server model adalah struktur komputasi yang terdistribusi yang membagi beban kerja antara penyedia layanan (services) termasuk sumber daya (resources, contohnya : file dan data), yang disebut dengan server di satu sisi, dengan yang meminta services dan resources, disebut dengan client di sisi yang lain. Umumnya client dan server merupakan perangkat yang terpisah dan saling berkomunikasi melalui jaringan komputer (computer network), namun kedua-duanya, client dan server harus berada dalam satu sistem yang sama. Server menjalankan beberapa program dan dengan program-program itu membagi (share) resources yang dimilikinya ke client. Sedangkan client umumnya tidak membagi resources-nya, melainkan meminta konten atau layanan ke server. Oleh karena itu client merupakan pihak yang mengawali sesi komunikasi dengan server (yang menunggu datangnya request/permintaan dari client).


Web browser

Web browser adalah aplikasi untuk mengakses situs web (website). Saat user meminta sebuah halaman web (web page) dari suatu website, web browser mengambil semua file yang dibutuhkan dari web server untuk selanjutnya menampilkan web page yang diminta ke layar pengguna. Web browser biasanya disebut secara singkat dengan browser saja. Browser digunakan di berbagai perangkat, seperti : desktop, laptop, tablet dan smartphone. Contoh browser misalnya : Google Chrome, Firefox, Microsoft Edge, Safari, dll. 

Browser tidak sama dengan search engine (mesin pencari). Ini penting, karena seringkali orang sulit membedakan antara keduanya sehingga sering menimbulkan kesalahan dalam memahami. Agar kita dapat membedakan antara website dengan search engine, maka kita harus paham bahwa sebenarnya search engine adalah website yang menyediakan link (tautan) ke website yang lain. Contoh search engine, misalnya : Google, Bing, Yandex, DuckDuckGo, Yahoo!, dll. Sedangkan browser merupakan agen dari pengguna (user agent) untuk berkomunikasi dengan web server.


Web server

Web server adalah perangkat lunak komputer (software computer) dan perangkat keras (hardware, yaitu berupa server fisik) yang mendukungnya. Web server inilah yang menerima permintaan (request) dari web browser dan selanjutnya web server memberikan tanggapan (response) atas permintaan tersebut via HTTP atau versi amannya via HTTPS. Response dari web server bisa berupa konten yang diminta atau jika tidak berhasil merespon dengan konten yang diminta, maka response berupa pesan kesalahan (error message). Contoh web server : Apache HTTP Server, Apache Tomcat, IIS, Ngix, dll.


Web cache

Web cache atau HTTP cache adalah sebuah sistem untuk mengoptimasi web. Sistem ini diimplementasikan di kedua sisi, baik sisi server maupun sisi client. Dimana konsepnya adalah data-data tertentu yang sebelumnya pernah diambil disimpan di penyimpanan lokal (local storage) dimana saat dibutuhkan data tersebut dapat dipanggil dengan lebih cepat, sebab tidak perlu request ulang ke server.


Upstream server

Upstream server adalah server yang menyediakan layanan untuk server yang lain. Dengan kata lain, upstream server menempati tingkatan yang lebih tinggi pada hirarki server.


Proxy server

Proxy server adalah aplikasi yang berjalan di server yang bertindak sebagai perantara antara client yang meminta suatu resource dan server yang yang menyediakan resource yang diminta.


IP address

IP Address (alamat IP) = Internet Protocol Address adalah label berupa angka-angka, misalnya : 192.168.1.1, yang terhubung ke jaringan komputer yang menggunakan internet protocol untuk berkomunikasi. Alamat IP memiliki dua fungsi utama : identifikasi antar muka jaringan dan identifikasi lokasi.


Private network

Private network adalah jaringan komputer yang menggunakan alokasi alamat (IP address) yang bersifat private (lokal). Private network umumnya diimplementasikan pada jaringan lokal yang biasa disebut dengan LAN (local area network). Private network juga sering digunakan untuk proteksi koneksi antara client dengan server agar lebih aman karena terisolasi dari internet public.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Peristilahan yang Berkaitan dengan HTTP"

Post a Comment