PHP-materi-2 : Mulai Menulis Kode Program PHP

Setelah sebelumnya kita berkenalan dengan PHP, kita lanjutkan dengan mendalami sedikit demi sedikit bahasa pemrograman yang populer ini. Pada sesi ini kita akan mempelajari bagaimana kode/skrip (script) program PHP dituliskan. Skrip PHP dieksekusi di sisi server dan hasilnya (berformat HTML) dikirimkan balik ke browser. Bagi yang belum berkenalan dengan PHP, silakan simak : https://blogisnanto.blogspot.com/2023/01/berkenalan-dengan-php.html




Syntax PHP

Jika kita menulis file HTML misalnya, maka kode-kode PHP dapat dituliskan di bagian mana saja dalam file HTML kita, dengan aturan : diawali dengan "<?php" dan diakhiri dengan "?>". 

Namun kalau kita menuliskannya dalam file PHP yang berdiri sendiri, kita hanya membutuhkan awalan "<?php" saja.

Setiap perintah atau statement dalam skrip PHP selalu diakhir dengan tanda titik koma (";").  

Untuk bisa menjalankan kode-kode PHP, kita harus menginstal PHP terlebih dahulu. Oh, iya, untuk editor teks nya tidak harus menggunakan Visual Studio, Sublime Text atau PhpStorm, cukup menggunakan Notepadd++ pun bisa.

Perhatikan contoh penulisan kode PHP di bawah ini :


Aturan-aturan dasar penulisan skrip

Kata-kata kunci (keywords) dalam PHP tidak case-sensitive, artinya tidak masalah ditulis dalam huruf kecil atau huruf besar. Misalnya "if" dengan "IF" kedua-duanya dipahami oleh PHP. Namun disarankan untuk menggunakan huruf kecil (lower case) dalam penulisan kata kunci di PHP. 

Sedangkan variabel (untuk menyimpan sebuah nilai agar bisa dioperasikan kembali) bersifat case-sensitive, artinya besar-kecilnya huruf berpengaruh pada penamaan variabel. Misalnya variabel "$warna" akan diidentifikasi PHP berbeda dengan "$Warna". Namun disarankan untuk diawali dengan huruf kecil dengan kombinasi huruf besar pada awal kata kedua dan ketiga, langsung disambung antar kata dan tanpa underscore (karakter "_") ataupun dash (karakter "-"). Contoh : "$warnaMobil", "$a", "$namaVariabelSatu", "$namaVariabelDua". O iya, variabel selalu diawali dengan karakter dollar ("$"). Selain itu, variabel tidak boleh menggunakan spasi. 

Perhatikan contoh berikut ini :


Komentar pada kode PHP

Kadang-kadang dalam menuliskan kode program, seorang programmer merasa perlu untuk memberikan keterangan pada kode programnya. Keterangan itu berguna agar programmer terbantu untuk mengingat-ingat logika pemrogramannya, karena bisa jadi seorang programmer akan membongkar kembali program yang telah ditulisnya 2 atau 3 tahun yang lalu atau bahkan lebih. Keterangan itu disebut dengan "komentar" ("comment"), yaitu baris (line) yang tidak akan dieksekusi pada saat program dijalankan. Selain berguna bagi programmer, komentar juga dapat mempermudah orang lain (misalnya programmer berikutnya) untuk mempelajari logika pemrograman sehingga program lebih mudah diteruskan atau diperbaiki.

Komentar pada PHP dapat dituliskan dengan beberapa cara :

  1. dengan menuliskan dua garis miring, yaitu "//", di awal baris untuk satu baris tunggal (single line)
  2. dengan menuliskan tanda pagar, yaitu "#", di awal baris untuk satu baris tunggal
  3. dengan menggunakan gabungan tanda garis miring dan tanda bintang di awal dan di akhir, yaitu "/*" di awal dan "*/" di akhir untuk mengapit komentar yang lebih dari satu baris.

Perhatikan contoh berikut ini :



Cara menjalankan kode-kode PHP

Berikut cara menjalankan kode-kode PHP yang sudah kita tulis.

  1. Kita dapat melakukan uji coba langsung kode-kode PHP melalui terminal dengan menggunakan editor teks, misalnya : Visual Studio.
  2. Jika disimpan di dalam file, kode-kode PHP dituliskan dalam file berekstensi ".PHP" (dot php). Selanjutnya, file PHP dieksekusi dengan memanggilnya dari "command prompt"
  3. File PHP juga dapat kita eksekusi dengan terminal pada code editor.

Sebagai contoh, kita akan membuat kode PHP untuk menampilkan tulisan : "Assalamu'alaikum, kawan!"

Perhatikan eksekusi skrip PHP langsung pada terminal Visual Studio :


Perhatikan eksekusi file PHP dari command prompt :


Perhatikan eksekusi file PHP dari terminal code editor :

Ayo teman-teman, tulis kode program PHP pertamamu! Selamat mencoba.



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "PHP-materi-2 : Mulai Menulis Kode Program PHP"

Post a Comment