Berkenalan dengan HTTP

Salah satu dasar yang harus dikuasai dalam pemrograman berbasis web adalah HTTP. Programmer harus memahami HTTP. Mengapa ? Karena HTTP adalah dasar dari komunikasi data di web. Informasi disalurkan dari server ke client (terminal/PC/mobile yang digunakan oleh user) melalui protokol HTTP ini. Lalu apa sebenarnya HTTP ? 

HTTP singkatan dari Hypertext Transfer Protocol.

  • Hypertext adalah teks/tulisan yang disajikan di layar komputer yang merujuk pada link (tautan) yang disediakan dalam web yang dapat diakses oleh user.
  • Transfer artinya perpindahan data dari satu titik ke titik lain dalam web.
  • Protocol adalah aturan baku yang sudah disepakati dan dimengerti dalam konteks perpindahan data dalam web.


Alurnya begini :

Client memberikan request (permintaan) ke server dan server memberikan response (tanggapan) atas permintaan tersebut. Misalnya : melalui browser, client meminta ke server untuk menyajikan beranda situs National Geographic, direpresentasikan dengan alamat https://www.nationalgeographic.com/ pada address bar browser, lalu tekan enter. Sampai di sini request telah dibuat di sisi client. 

Selanjutnya permintaan tersebut diterima oleh server National Geographic dan dicarikan halaman web yang diminta. 

Setelah ditemukan halaman web yang diminta, yaitu beranda, maka server National Geographic akan mentransfer balik halaman web tersebut (sebagai response). Saat response diterima oleh browser, maka ditampilkanlah beranda situs National Geographic.


Seperti telah digambarkan di atas, request merupakan permintaan layanan dari client (browser) kepada server. Request ini disebut dengan HTTP request.

Sedangkan HTTP Response merupakan jawaban dari server atas request dari client. Server menyediakan kebutuhan-kebutuhan client, misalnya file HTML, hasil query database, gambar, video, audio, dll. Server mengirimkan response berupa status sukses/tidaknya eksekusi request dan jika sukses sekaligus dikirimkan juga secara bersamaan isi/konten dari request yang diminta.

Dengan HTTP user mendapatkan kemudahan dalam mengakses berbagai dokumen yang ada di web. Konsep HTTP sendiri telah dikembangkan sejak 34 tahun yang lalu, dirintis pertama kali oleh Tim Berners-Lee pada tahun 1989. Saat ini versi terkini dari HTTP adalah HTTP/3 (diperkenalkan tahun 2022).

HTTP is communication line between web servers and clients.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Berkenalan dengan HTTP"

Post a Comment